Saturday, June 30, 2012

HALAMAN LANJUTAN PADA BLOG

Posting admin kali ini adalah tentang membuat halaman lanjutan dari halaman sebuah blog. Artikel ini dimuat atas permintaan sejumlah teman yang ingin mendalami ilmu perblogan. Tak ada salahnya jika kita berbagi kepada sesama apalagi bagi kepada para rekan guru yang ingin membuat tampilan blognya menarik tak ada salahnya membaca tutorial ini. Dengan berbagi ilmu berarti kita sudah ber "Yadnya" , yang merupakan salah satu wujud memberi dengan iklas tanpa pamrih. Walaupun pamrihnya ada yaitu untuk meningkatkan pengunjung blog tetapi itu merupakan suatu impian saja. Karna ditengah-tengah persaingan perblogan dewasa ini para bloger dalam mempopulerkan blognya dengan tujuan tertentu ilmunya sudah sangat tinggi. Bahkan dengan hanya menggunakan blog gratisan mampu tampil di halaman teratas google search engine mengalahkan blog berbayar. Mau seperti itu ? Yah rajin-rajinlah berselanjar di search engine dengan kata kunci "blog", tidak mustahil anda pasti menemukan jawabannya.

Salah satu upaya mempopulerkan blog adalah dengan membuat link atau back link. Dengan link kita daat berhubungan dengan halaman pada suatu situs atau situs lain. Sedangkan back link adalah alamat web yang sengaja kita tinggalkan pada situs orang lain agar pengunjung situs tersebut ada yang nyasar ke situs kita. Hubungan antar muka atau halaman pada halaman blog sangat berguna dalam mempertahankan pengunjung agar mau betah berlama-lama berada di blog kita. Dengan semakin lama para pengunjung berada di blog kita apalagi di tambah dengan semkin banyak halaman yang di buka maka akan meningkatkan citra blog sebagai blog laris dan disukai pengunjung. Sehingga engine seperti google, yahoo, bing dan yang lainnya juga akan menyukai blog kita. Sehingga jika kata kunci sesuai dengan artikel yang kita muat pada blog kita maka search engine akan rela manampilkan blog kita dalam halaman teratas dari pencarian. Upaya itu adalah suatu bagian dari upaya mengoptimalkan fungsi search engine agar ramah dengan blog kita atau bahasa kerennya SEO (Search Engine Optimisation). Kalau salah ketik ampurayang (maafkan). 

Upaya menggunakan beberapa teknik SEO diantaranya adalah dengan mendaftarkannya pada situs terkenal yang mempunyai program periklanan blog. Cara ini ada yang gratis dan ada juga yang bayar, tergantung dari situs yang menyediakan dan kepentingannya untuk apa. Sedangkan google sebagai salah satu mesin pencari yang populer menyediakannya secara gratis atau berbayar. Kalau yang gratis nama programnya adalah webmaster tool sedangkan yang berbayar adalah google adword yang amat terkait dengan google addsense sebagai bentuk layanan gratis google bagi situs yang ingin bekerja sama dalam program bisnis affiliate.

Salah satu yang paling gampang mengupayakan agar pengunjung blog betah berlama-lama adalah dengan menampilkan artikel yang menarik yang disertai link ke beberapa halaman termasuk link lanjutan dari artikel tersebut.  
Mengenai teknik membuat link lanjutan dapat di baca pada link berikut ini !

2 comments:

  1. Salam kenal dari mas gan, blog-nya sangat enak dibaca dan dilihat, menu tampilannya, sangat mudah diakses dan tidak menyulitkan, dan yang paling pateng, informasi yang di share! terimakasih dan salam kenal

    ReplyDelete
  2. Makasi Gan atas kunjungan dan sarannya. Jangan bosan-bosan untuk berkunjung ya !!!

    ReplyDelete

 
Design by Teacher Creative Corner | Bloggerized by Seraya - Seraya Blogger Themes | Affiliate Network Reviews